Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Jumat, 18 Februari 2011

Koperasi Merupakan Sarana Pendidikan

MEDAN, ‎​Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasa dan UKM, Pariaman Sinaga mengatakan bahwa keberadaan koperasi di Indonesia sangat dibutuhkan. Posisi koperasi bukan hanya sekedar perjuangan ekonomi yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan dari hasil usahanya.
Demikian dikatakan Pariaman saat memberikan sambutan sekaligus amanah pada acara kunjungan kerja serta penyerahan secara simbolis bantuan perkuatan koperasi dan UKM yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Sumatera Utara serta penyerahan KUR di Aula Martabe Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jumat (18/2). "Koperasi sangat penting, karena memiliki fungsi pokok," katanya. Fungsi pokok yang dimaksud adalah koperasi berperan sebagai sarana pendidikan.

Ia mengatakan demikian karena setiap anggota sebuah koperasi akan dididik juga untuk mengerti dan memahami prosedur serta sitem yang berlaku. Terutama di bidang pembukuan dan penataan suatu usaha.

Selain sarana pendidikan, juga sebagai sarana pemberdayaan masyarakat. Koperasi saat ini menjadi penyokong bagi perekonomian masyarakat.

Pariaman juga mengatakan bahwa koperasi dibangun untuk membantu mengefisienkan biaya produksi yang harus dikeluarkan anggota kelompoknya. Terutama bagi para petani maupun kelompok UKM yang ada. Efisiensi terutama bisa dirasakan dalam distribusi rakyat. Dengan rasa kepemilikan bersama antar anggota, maka akan ada saling mengawasi. "Sehingga tidak akan ada spekulan dan permainan harga di sana," katanya. Dipastikan, jika biaya produksi efisien tidak akan ada gejolak harga.

Pariaman berharap dengan jumlah bantuan perkuatan modal yang jumlahnya tidak tergolong besar diharapkan bisa memberikan manfaat.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar