Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Rabu, 30 Maret 2011

Anggota DPRD Sumut Bergelimang Fasilitas Mewah

*60 Mobil Dinas Segera Dibagi-bagi

MEDAN, ‎​Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara kini semakin bergelimang kemewahan terutama dalam fasilitas. Yang kesemuanya itu diambil dari uang rakyat dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumut.

Setelah menempati gedung baru senilai Rp 181 miliar, ternyata belum serta merta dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan anggota DPRD Sumut.

Sebanyak 60 unit mobil dinas segera dibagi untuk anggota dewan, sehingga 100 anggota dewan secara keseluruhan akan mendapat fasilitas tersebut. Jika sebelumnya hanya tingkat pimpinan saja yang mendapat fasilitas mobil dinas, mulai tahun ini seluruh anggota DPRD Sumut akan menggunakan kenderaan dinas yang pengadaannya dibiayai uang rakyat.

Informasi diperoleh wartawan, Selasa (29/03), sebanyak 60 mobil Kijang Inova ini dibeli menggunakan dana APBD Sumut sebesar Rp 15 miliar, dengan asumsi anggaran untuk satu mobil sebesar Rp 250 juta.

Ketua DPRD Sumut, H Saleh Bangun, ketika dikonfirmasi membenarkan perihal mobil dinas tersebut. Menurutnya, pengadaan mobil itu atas usulan anggota dewan yang disampaikan kepada pimpinan dewan.

Di tahun-tahun sebelumnya hanya alat kelengkapan dewan terdiri dari Ketua dan Sekretaris Fraksi, Ketua dan Sekretaris Komisi, Ketua BKD, Ketua dan Sekretaris Badan Anggaran, Ketua dan Sekretaris Badan Musyawarah (Banmus), Ketua BKD, serta ketua dan wakil-wakil ketua DPRD yang mendapat jatah mobil dinas, yang jumlahnya hampir mencapai 45 orang.

"Kita sudah konsultasi ke Depdagri dan disetujui, dengan syarat disesuaikan dengan keuangan daerah," ujar Saleh Bangun.

Saat ditanya apakah fasilitas mobil dinas tersebut memang merupakan suatu kebutuhan bagi seluruh anggota DPRD Sumut, Saleh Bangun membenarkannya. "Apa salahnya, karena fasilitas inikan memang untuk menunjang kinerja wakil rakyat. Apalagi telah disesuaikan dengan kemampuan anggaran," ujarnya.

Di tempat terpisah Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumut, Drs Randiman Tarigan memaparkan 60 mobil dinas itu, dua diantaranya akan ditempatkan di perwakilan Pemprov Sumut di Mess Jalan Jambu Jakarta.

"Selebihnya 58 unit, akan dimiliki tiap-tiap anggota dewan," ujar Randiman.

Dia membenarkan pengadaan 60 mobil dinas Kijang Inova ini mengambil dana dari APBD Sumut sebesar Rp 15 miliar, namun segala kerusakan, biaya bahan bakar dan asuransi menjadi tanggungjawab penuh pemakainya.

"Istilahnya pinjam pakailah. Segala kerusakan, minyak dan supir ditanggung oleh masing-masing anggota dewan yang mendapatkan mobil dinas tersebut," ujar Randiman Tarigan.

Semula sempat terjadi penawaran bahwa mobil dinas yang akan dibeli adalah merk Izusu Panther. Namun dengan berbagai pertimbangan, termasuk pertimbangan anggaran akhirnya disepakati menggunakan Kijang Inova.

Selain itu anggota DPRD Sumut juga akan dinyamankan dengan fasilitas mewah saat rapat paripurna.

"Kemungkinan bulan April ini, akan mulai dibangun gedung paripurna," kata Syahrul BA, Kabag Umum Sekretariat DPRD Sumut.

Gedung rapat paripurna lama yang berada disamping gedung baru, menurut Syahrul akan segera dirubuhkan.

"Kemungkinan 4 April mulai dirubuhkan," kata Syahrul. Karena, lanjut Syahrul telah didapat pemenang tender pada pelaksanaan lelang yang digelar, Selasa (29/03) dan diikuti 60 peserta.

Pada proses pelelangan dicapai kesepakatan dengan nilai lelang Rp 179 juta yang akan disetor ke kas daerah.

"Jadi setelah proses perubuhan akan langsung dibangun gedung baru yang diperuntukkan sebagai ruang paripurna anggota DPRD Sumut," katanya.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar