Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Jumat, 25 Maret 2011

Dishub Akan Ikuti Proses Hukum

MEDAN, ‎​Kepala Sub Bagian Perehubungan Darat Provinsi Sumatera Utara, Darwin Purba mengatakan bahwa pihaknya tetap menghormati proses hukum. Negara ini negara hukum, sehingga semua warga sama di mata hukum.
Terkait penangkapan tiga petugas Jembatan Timbang di Sibolangit, Kamis (24/3) oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. "Kita menyayangkan tindakan petugas di sana," katanya di kantornya Jumat (25/3).
Secara formal, laporan penangkapan ketiga anggotanya itu belum ada ke pihaknya. Hanya menerima laporan informal dari kepala Jembatan Timbang Sibolangit Rasman Pinem.
Menurutnya, banyak hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya pungli di lapangan oleh petugas Jembatan Timbang. "Meski pengawasan dan penekanan kita lakukan tetap saja terjadi," katanya.
Terutama fasilitas yang ada di Jembatan Timbang. Seharusnya ada gudang bongkar disediakan di lokasi Jembatan Timbang. "Sesuai peraturannya, tonase lebih 25 persen wajib bongkar," kata Darwin. Namun, katanya, karena kondisi gudang yang tidak ada sehingga tonase hasil bongkaran tidak tahu harus ditaruh di mana.
Usulan pengadaan gudang sudah diusulkan kepemerintah. Namun hingga kini belum juga direalisasikan. "Keberadaan gudang memang sangat membantu fungsi Jembatan Timbang," katanya.
Kendala lain dalam pengadaan gudang termasuk dalam pembebasan lahan untuk letak gudang. Hal ini menjadi masalah baru dalam pendirian gudang.
Menurut Darwin, pemberian insentif memungkinkan untuk mengurangi pungli di lapangan. Karena saat ini petugas di Jembatan Timbang, tidak diberi insentif.
Wacana pemberian insentif ini juga telah diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara. "Pada dasarnya DPRD menyetujuinya," katanya.
Sedangkan sanksi yang akan diberikan kepada petugas yang kedapatan melakukan pungutan liar diatur dalam Peraturan Pemerintah No 53 tahun 2010. "Ini akan dikenakan sanksi pelanggaran kedisiplinan," kata Darwin.
Jumlah Jembatan Timbang saat ini di Sumatera Utara sebanyak 12 yang beroperasi. Sedangkan jumlah petugas keseluruhan ada 800 petugas, yang dibagi dalam tiga sip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar