Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Selasa, 12 April 2011

KETUA DHARMA PERTIWI  DAERAH ”A”LAKSANAKAN DONOR DARAH

MEDAN, ‎​Ny Yuni Leo Siegers Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A", membuka acara donor darah dalam rangka memperingati HUT ke 47 Dharma Pertiwi Daerah "A" tahun 2011 yang diselenggarakan di Aula Rumkit Tk II Putri Hijau Medan jalan Putri Hijau Medan, Senin (11/4).

Pada acara donor darah Ny Yuni Leo Siegers mengatakan, kegiatan donor darah ini adalah merupakan bentuk kegiatan sosial, merupakan wujud kepedulian kepada saudara kita yang membutukan darah dengan dilandasi rasa persaudaraan, kekeluargaan dan persatuan serta kesatuan.

"Karena dengan setetes darah sehat laksana setetes air kehidupan yang mampu menyelamatkan orang lain, kegiatan donor darah adalah kegiatan mulia karena setetes darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan nyawa, setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien yang membutuhkan bantuan darah untuk keperluan pengobatan," kata Ny Yuni Leo Siegers.

Diharapkan dengan adanya donor darah ini, dapat membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di rumah sakit maupun di Palang Merah Indonesia. Juga diharapkan kegiatan donor darah ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun justru perlu lebih ditumbuhkembangkan dan dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin.

Sesuai ketentuan medis baik yang dilakukan secara bersama-sama maupun denga cara perorangan. Lebih lanjut Ny Yuni Leo Siegers mengatakan, seperti Simbiosis Mutualisme (saling menguntungkan) saat melakukan donor darah, setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya memberikan manfaat bagi yang menerima donor. Tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor darah juga. Karena saat melakukan donor darah maka tubuh pendonor akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya memproduksi darah-darah baru.

"Jadi kita tidak akan mengalami kekurangan darah," katanya.

Ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa dirasakan bila melaksanakan donor darah, yakni zat besi dalam darah bisa lebih stabil, ini artinya menurunkan resiko penyakit jantung, membantu tubuh mengurangi sel darah merah dalam darah, sebagai pendonor akan mendapatkan pasokan darah baru setiap setiap kali mendonorkan darah.

Oleh karena itu melaksanakan donor darah menjadi langkah yang baik untuk mensstimulasi pembentukan darah baru, kita akan merasakan kepuasan psikologi.

Sebuah penelitian mengemukakan, manusia usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. "Biasakanlah diri untuk mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali, tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri," katanya berkampanye.

Peserta donor berasal dari perwakilan Yon Zipur, Yon Kavelri dan Yon Arhanudse berjumlah 80 orang, kegiatan donor darah diawali oleh Ny Yuni Leo Sieger sebagai pendonor darah pertama, dilakukan oleh petugas dari PMI, acara tersebut dihadiri oleh  Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Sopian Chandra, Ketua PMI Medan DR Delyuzar Sp.Pa. ketua Korcab I Daerah  Jalasenastri Armabar diwakili Ny Irda Damayanti, ketua Pia Ardiagarini Kosekhanudnas III Medan Ny Juwita H Hutagaol, ketua Pia Ardiagarini Lanud Medan Ny Topik Hidayat, serta tamu undangan lainnya.(Afr)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar