Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Rabu, 30 Maret 2011

Musrembang Sumatera Utara Hadirkan Sembilan Menteri

MEDAN, ‎​Perencanaan pembangunan tahun 2012 diperkirakan tidak akan muncul lagi ketidak rapian dalam menyusun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA). Sebab melalui musrembang secara provinsi akan dilakukan dengan menghadirkan sembilan kementerian secara serentak.

"Dalam musrembang akan kita tetapkan usulan yang akan dimajukan dalam penyusunan APBD tahun 2012 nantinya," kata Kepala Badan Pendapatan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis di Medan, Rabu (30/3).

Musrembang setingkat provinsi dilakukan setelah musrembang tingkat desa hingga kabupaten/kota dilakukan. Sehingga di musrembang nantinya akan diperoleh masukan-masukan dari setiap kabupaten kota. Di mana dan apa saja yang harus dibangun pada tahun 2012.

Musrembang akan dibuka pada tanggal 4 April 2012 di Aula Martabe kantor Gubernur Sumatera Utara. "Pada acara pembukaan ini, kesembilan menteri akan memberikan informasi mengenai program-program pembangunan secara nasional untuk tahun 2012," kata Riadil.


Setelah mendapat informasi dari ketujuh kementerian yang diundang, maka Pemprov Sumut akan memiliki gambaran tentang rencana pembangunan tahun 2012. "Usulan untuk APBD akan diusulkan dalam musrembang, kita upayakan tidak ada lagi di luar musrembang. Kecuali ada peristiwa atau kebutuhan yang sangat mendesak," katanya.

Sembilan kementerian yang akan hadir yaitu kementerian Bapenas, Kemendagri, Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pendidikan. Serta akan dihadiri sekitar 400 orang perserta musrembang.

Sedangkan hari kedua dan ketiga, akan dilaksanakan di Sidang Tiara Convention. Pelaksanaan musrembang merupakan pengamalan Undang-undang Nomor 25 tahun 2004.

Dalam musrembang kali ini, dipatikan akan memunculkan paradigma baru. Supaya betul-betul menciptakan suasana baru dalam menjalankan roda pemerintahan yang memiliki siklus yang beruntun.

Seluruh anggota DPRD Sumatera Utara akan diundang dalam musrembang, dan anggoata DPD RI asal Sumatera Utara. "Kita tidak ingin musrembang hanya cakap-cakap," kata Riadil.

Dia mencontohkan fokus pembangunan tahun 2012 mengenai infrastruktur jalan. Pada tahun 2011 alokasi anggaran untuk jalan hanya Rp 850 miliar. Riadil mengharapkan tahun 2012 harus didongkrak ingga menembus minimla Rp 1 Triliun. "Meski untuk memperoleh jalan kondisi mantap di Sumatera Utara seharusnya Rp 1,2 triliun. Tentu ini akan sangat memudahkan pembangunan ditahun berikutnya nantinya," katanya.

Dan hal lain yang akan diperjuangkan adalah terkait visi misi gubernur Sumatera Utara. Karena itu, akan dibahas secara terbuka dalam musrembang. Media massa juga turut diundang dalam memberikan usulan dan saran untuk pembangunan Sumatera Utara.

"Kami mengundang seluruh pimpinan media ikut terlibat dalam diskusi, bukan hanya sekedar peliputan saja," katanya.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar