Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Minggu, 20 Maret 2011

Pendistribusian Dana BOS Harus Segera

MEDAN, ‎​Wakil Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho ST dalam waktu dekat mengharapkan pendistribusian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar segera dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota.

"Tadi saya ditelepon menteri dinas pendidikan nasional, mempertanyakan realisasi penyaluran dana BOS yang hanya enam persen," katanya di kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (17/3). Untuk itu ia meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan, Syaiful Safri menyiapkan draf surat edaran yang ditujukan ke kepala daerah kabupaten/kota.

Surat tersebut bermaksud agar pemerintah daerah segera menyalurkan dana BOS tersebut. "Saya harap dalam dua pekan, seluruhnya sudah terealisasi," katanya.

Dana BOS sudah ditransfer ke daerah per tanggal 19 Januari 2011. Jadi pantas dipertanyakan kenapa belum didistribusikan. Seperti disampaikan Syaiful kepada Gatot bahwa keterlamabatan diakibatkan adanya persepsi di tingkat kabupaten/kota dana BOS disalurkan jika APBD diketok.

"Atau kemudian tidak bisa didistribusikan sebelum ada MoU dengan pihak kepala daerah. Semestinya tidak begitu," kata Gatot.

Sebelumnya pelaksana tugas Sekretaris Daerah (sekda), dan Kepala Dinas Pendidikan telah dipanggil Menteri Dinas pendidikan nasional untuk mensosialisasikan penyaluran dana BOS.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, saat ini pemerintah kabupaten/kota yang sudah menyalurkan dana BOS ada empat kabupaten/kota. Yaitu, Tobasa, Serdangbedagai, Binjai, dan Medan yang sedang penandatanganan MoU. "Saya berterimakasih juga bagi mereka yang sudah mendistribusikannya," kata Syaiful.

Ia juga mengatakan bahwa dana BOS berasal dari APBN jadi tidak harus menunggu APBD diketok baru bisa disalurkan. Syaiful juga mengatakan bahwa seharusnya dana BOS sudah harus disalurkan di minggu pertama bulan Februari.

Pemerintah kabupaten/kota, katanya, harus segera menyalurkan dana tersebut karena menyangkut peningkatan mutu pendidikan di Sumatera Utara. "Kita harap, dengan surat edaran gubernur nantinya akan mempercepat pendistribusiannya," katanya.

Sebenarnya, kata Syaiful, tidak ada alasan lagi untuk tidak menyalurkan dana BOS tersebut. Karena sudah disertai surat bersama menteri pendidikan nasional. Namun, ia tetap berharap penyaluran dana BOS agar fokus pada peningkatan pendidikan di Sumatera Utara.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar