Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Selasa, 15 Maret 2011

Socfindo Diminta untuk Sediakan Bibit Kelapa

MEDAN, ‎​Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara, menyampaikan sarannya kepada PT Socfindo agar membuka penyedia bibit unggul kelapa khususnya di Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan oleh anggota komisi B DPRD Sumatera Utara, Layari Sinukaban dalam rapat dengar pendapat dengan pihak PT Socfindo di Kantor DPRD Sumatera Utara jl Imam Bonjol Medan, Selasa (15/3).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi B, Guntur Manurung dihadiri General Manager Socfindo, H Safril yang didampingi Kabag Umum Socfindo, H Bahri Effendy serta dua orang staf bagian umum lainnya.

"Melihat potensi pertumbuhan kelapa di Sumatera Utara, sangat memungkinkan untuk dikembangkan," kata Layari. Karena menurutnya, potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi suatu potensi besar yang akan memberikan keuntungan besar.

"Kelapa juga bisa menghasilkan minyak goreng, tanpa pengolahan bisa dijual langsung ke konsumen," katanya.

Menurutnya, saat ini PT Socfindo milik investor Belgia tersebut yang kini sudah hampir berusia seratus tahun. Sudah saatnya memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara. PT Socfindo sudah hadir di Sumatera Utara sejak tahun 1930 dan diambil alih pemerintah sejak tahun 1965. Kini luas wilayah perkebunan sekitar 30 hektare.

Namun saat ini PT Socfindo sedang mengalami kendala dalam pengelolaan usahanya. Seperti dilaporkan oleh Safril, pihaknya disulitkan oleh SK 44 Menteri Kehutanan yang diberlakukan. "Sebahagian lahan perkebunan kami ikut dicakup oleh SK tersebut, padahal dokumennya lengkap," katanya.

Kondisi tersebut menylitkan pihaknya untuk menjalankan usahanya. Dan bahkan kini, untuk perluasan lahan juga sangat sulit.

Menanggapi hal tersebut, komisi B mengatakan akan mencoba mempertanyakan dan memperjuangkan hal tersebut jika memang benar dan ada bukti dan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar