Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Selasa, 15 Maret 2011

DPRD Dukung Sumut Tuan Rumah PON XX Tahun 2020

MEDAN, ‎​Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendukung sepenuhnya keinginan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXtahun 2020. Untuk itu, Pemprov Sumut diminta melakukan persiapan untuk mewujudkannya.

Komisi E, kata Aduhot Ketua Komisi, menegaskan kembali meminta Pemprov Sumut, termasuk dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Sumut, untuk melakukan upaya yang nyata, sebab waktu perjuangannya tidak lama lagi, yakni akan diumumkan pada pelaksanaan PON XVIII di Propinsi Riautahun 2012.

Sebab jika tidak diperjuangkan secara serius, keinginan ini hanya sekeda selera tanpa ada upaya. Sebagaimana diketahui, setidaknya dua propinsi yaitu Papua dan Sulawesi Selatan (Sulsel), juga berniat menjadi tuan rumah, yang tentunya sudah melakukan upaya-upaya. "Kita sepakat mendukung Sumut tuan rumah PON XX. Kita minta Pempropsu serius menyiapkanpertarungan perebutan tuan rumah ini," jelas Ketua Komisi E, Aduhot Simamora dalam rapat dengan Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Sumut di Gedung DPRD Sumatera Utara jl Imam Bonjol Medan, Senin (14/3).

Aduhot menilai, tuan rumah PON nantinya akan memberi manfaat banyak bagi Sumut. Selain akanlebih serius lagi mempersiapkan pembinaan dan pelatihan olahraga, pembangunan sarana danprasarana, juga akan menggerakkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi E, Sopar Siburian. Menurutnya, sektor-sektorekonomi, semisal pariwisata, perhotelan, kuliner, souvenir dan aneka produk usaha mikro kecil danmenengah (UMKM), dipastikan akan mendapat pengaruh positif. Bahkan PON juga menjadi salahsatu sarana promosi daerah, yang diharapkan akan menarik investor lokal dan mancanegara.

"Ini adalah niat yang baik dari Pempropsu. Karena itu pula, kami di DPRD Sumut atau paling tidakdikepriodean saat ini, siap mendukung untuk terealisasinya keinginan ini karena akan memberisignal positif untuk perkembangan olahraga dan perekonomian Sumut," ujarnya.

Sejalan dengan tujuan perjuangan Sumut tuan rumah PON tahun 2020, tambah Aduhot, Komisi Esaat ini memperjuangkan agar sekitar 100 ha lahan eks HGU PTPN 2 menjadi tempat dibangunnyasarana perkampungan atlit, termasuk sarana dan prasarana cabang olah raga.

Sebelumnya usulan tuan rumah PON tersebut disampaikan Kadispora Sumut Ristanto pada rapattersebut. Dia menjelaskan, sejauh ini rencana-rencana sudah dibuat. Kemudian, sudah dipersiapkandraft SK Gubsu tentang susunan kepanitiaan pemenangan tuan rumah PON, melakukan lobi-lobi kepada para Kadispora dalam berbagai kesempatan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pembangunan bertahap sarana dan prasarana cabangolah raga. Misalnya untuk upaya mendapatkan eks HGU PTPN 2 untuk perkampungan atlit, pihaknyatelah menyiapkan dana ganti rugi sebesar Rp 15 miliar tahun anggaran 2011. "Ke depan, kami akanlebih serius memperjuangkan tuan rumah PON XX ini," katanya.

Ristanto menyebutkan, keinginan Pempropsu ini sejalan dengan upaya memulihkan kejayaan olahraga Sumut. Dia menyebutkan, Sumut sangat berkeinginan mendulang sukses lebih dari prestasiyang dicatatkan pada PON VIII tahun 1973 peringkat IV dengan 23 emas, 21 perak dan 11 perunggu.

Sementara pada PON XVIII tahun 2010 di Riau, pihaknya menargetkan peringkat nasional IV atau V.

Sejalan dengan itu, pembinaan olah raga secara terpadu untuk menghadapinya terus diintensifkan, termasuk pembangunan lintasan road race di Jalan Williem Iskandar, sarana polo air Jalan Dr Mansur Medan, Stadion Mini di Jalan Williem Iskandar, lintasan atletik dan lainnya. Disebutkan, jumlah atlet yang dipersiapkan sebanyak 457, pelatih 84 dari 33 cabang olah raga.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar