Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Selasa, 15 Maret 2011

Richard: Bupati Buktikan Bekerja untuk Rakyat

MEDAN, Kendati visi-misinya pernah dinilai sebagian msyarakat Dairi/Sumut terkesan muluk-muluk alias bombastis, Bupati Kabupaten Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro lebih memilih banyak berbuat dibanding menanggapi penilaian itu.

Sejak dipercaya memimpin pada tahun 2009, jabatan yang melekat dimaksimalkan melayani, mengabdi dan bekerja untuk rakyat. Penegasan tersebut dilontarkan anggota DPRDSU Richard E Lingga kepada Pers, Senin (14/3) di Medan, usai berkunjung ke Kabupaten Dairi pada Sabtu (12/3) yang lalu.

Selaku putra daerah asli Dairi, kata Richard, Bupati Dairi benar-benar membuktikan visi-misi yang pernah disampaikan kepada publik. "Saya warga asli Dairi yang dipercaya masyarakat menjadi anggota DPRDSU. Saya melihat Bupati KRA Johnny Sitohang Adinegoro tidak setengah hati apalagi main-main mewujudkan visi-misi dan apa-apa yang pernah dikatakan sebelum memimpin. Program kerja yang berbaur dengan rakyat kerap dilakukan terpadu bersama Wakil Bupati Irwansyah Pasi, SH, Sekda, unsur SKPD dan bahkan sang istri selaku Ketua Penggerak PKK Dairi," kata Richard.

Kurun waktu 2 tahun memimpin, lanjut Richard, masyarakat Dairi bisa menilai bahwa Bupati dan pemerintah serius menerjemahkan masalah rakyat dengan program turun ke desa-desa. Diakui anggota Fraksi Partai Golkar itu, saat berkunjung ke salah satu ladang masyarakat di Desa Pegagan Julu II (Jumala) Kec Sumbul Kab Dairi, Bupati tidak sedikitpun canggung turun ke lokasi pertanian sambil bekerja memetik jagung milik warga.

"Beliau membentuk 3 Tim bersama Wakil Bupati Irwansyah Pasi SH dan Sekda Drs Arsenius Marbun MM. Tim Kerja yang terdiri dari tiga tim kerja pemerintah Dairi yang turun ke desa-desa adalah bukti kuat perwujudan visi Bupati untuk bekerja dan berbuat bagi rakyat Dairi," katanya. Artinya, kata Richard lagi, dalam 2 tahun terakhir saja sudah 90 persen desa di Dairi yang berhasil dikunjungi jajaran Pemerintah yang dipimpin Bupati.

"Mungkin kalimat saya ini terkesan berlebihan bagi orang lain. Tapi inilah fakta yang saya lihat di lapangan. Bupati tidak enggan berbaur dengan masyarakat karena menyadari fungsi melayani, mengabdi, mencari tahu masalah dan selanjutnya membuat rakyat sejahtera," kata Richard menirukan gaya bicara Bupati Dairi. 

Menurut Richard, dengan turunnya tim kerja pemerintah menemui warga ke pelosok desa di Dairi yang melibatkan semua unsur SKPD maupun pejabat pemerintah terkait, maka berbagai informasi dan temuan berhasil diperoleh. Richard pun mencontohkan persoalan pendidikan, kesehatan, isolasi jalan yang langsung menjadi prioritas SKPD untuk dituntaskan.

"Kemarin saya dengar dari Pak Bupati ada warga di beberapa desa yang sakit TBC dan busung lapar. Nah, temuan tim kerja itu langsung disikapi Bupati dengan memerintahkan SKPD menyelesaikan masalah. Bukankah fakta itu benar-benar cerminan Bupati bekerja untuk rakyat," kata Richard ipomatis.

Tidak Banyak Richard memastikan, kalau saat ini, tidak banyak lagi pejabat atau kepala daerah yang mau bersusah-susah turun ke lapangan menemui rakyat.

Seandainyapun masih ada, dia menyebut bisa dihitung jari atau sebatas formalitas tugas. Sebab pola kerja Bupati KRA Johnny Sitohang Adinegoro dinilai Richard sangat berbeda. "Membuat saya tersentak salut, mengakui bangga dan spontan melemparkan 2 acungan jempol.
Beliau benar-benar membuktikan visinya bekerja untuk rakyat. Tidak sebatas seremonial dinas atau pemenuhan akal-akalan tugas. Tidak juga hanya sekali, namun sudah diprogramkan berjalan sejak 2 tahun lalu sampai sekarang. Catatan Sejarah Pada sisi lain, lanjutnya, fakta empiris bekerja untuk rakyat telah dibuktikan Bupati KRA Johnny Sitohang Adinegoro dan nyata menjadi catatan sejarah di hati masyarakat Dairi.

Dari kinerja beliau, kata Richard, setidaknya ada 4 pesan moral yang disampaikan Bupati kepada masyarakat luas secara umum dan unsur kepala daerah/pejabat Dairi/Sumut secara khusus. Diantaranya; memposisikan jabatan sebagai pelayan, membuka ruang/jarak dengan rakyat, menemukan persoalan ril/mencarikan jalan keluar serta mengetahui apa-apa yang dibutuhkan masyarakat.

"Yang saya lihat di Dairi telah memacu keinginan untuk membawanya ke sidang-sidang DPRDSU. Bila kelak muncul muatan kebijakan menyangkut percepatan pembangunan Kab Dairi, niscaya DPRDSU pantas mendukung dari sisi regulasi finansial, infrastruktur dan program kesejahteraan lain.

TEKS FOTO:AKRAB: Anggota DPRDSU Fraksi Partai Golkar Richard E Lingga (kanan) bersama Bupati Kabupaten Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro terlihat akrab di areal ladang masyarakat Desa Pegagan Julu II (Jumala) Kec Sumbul Kab Dairi, Sabtu (12/3). Saat itu Bupati Dairi sedang melakukan program kerja turun ke desa sementara Richard melakukan kunjungan kerja
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar