Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Kamis, 25 November 2010

Kajatisu Ajak Masyarakat Bangun Kebersamaan Hindarkan Konflik

Kajatisu Ajak Masyarakat Bangun Kebersamaan Hindarkan Konflik

Medan - Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), Sution Usman Adji SH mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangun kebersamaan guna menghindarkan terjadinya kericuhan di tengah kehidupan umat beragama.
Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Sution Usman Adji SH saat menerima audensi Panitia Perayaan Natal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut di ruang kerjanya, Rabu (24/11).
Kajatisu Sution Usman Adji SH didampinggi Wakajatisu I Putu Gede Jaladha SH, Asintel Kejatisu Andar PW SH MH, Aspidsus, Erbindo Saragih SH dan Kasi Penkum Edi Irsan Tarigan SH Mhum menegaskan bahwa kebersamaan itu perlu dipupuk di tengah-tengah masyarakat yang pluralisme. ”Kita tidak perlu mencari perbedaan, tetapi kita mencari persamaan demi kerukunan umat beragama, berbangsa dan bernegara,” ujar Kajatisu.
Akhir-akhir ini, sambung Kajatisu, rasa kebersamaan di tengah-tengah masyarakat semakin luntur, ini dikarenakan kerukunan antar umat beragama semakin terkikis sehingga konflik mudah tersulut.
Berdasarkan pengalamannya saat bertugas di Ambon beberapa tahun silam, tingkat kerukunan umat beragama sangat tinggi. Di saat umat Muslim berlebaran, umat Nasrani dapat menggantikan tugas-tugasnya. Begitu juga sebaliknya, di saat Nasrani merayakan Natalan dan Tahun baru, tugas-tugas digantikan umat Muslim.
Dalam pertemuan itu juga, Kajatisu menegaskan pihaknya mendukung sepenuhnya pelaksanaan perayaan Natal PWI Sumut. Apalagi disebut Natal PWI Sumut ini baru pertama kali dilaksanakan di Sumut, bahkan secara nasional. Kajatisu menyarankan supaya Natal yang digelar PWI Sumut benar-benar memberikan kontribusi yang dapat dirasakan masyarakat karena Natal tersebut merupakan berita sukacita dan keselamatan bagi manusia.
Sebelumnya Ketua Panitia Natal PWI Sumut St Drs Jumian Situmorang dan rombongan Manapar Vritz Tua Manulang (Ketua Pengarah), St Drs Redihman Damanik (Sekretaris), Drs Eddy Madya Bukit (Bendahara), Martohap Simarsoit SH (Wakil Ketua), Anton Panggabean SE (Koordinator Dana) dan Humas Irwan Ginting SHmelaporkan perayaan Natal dilaksanakan di Aula Martabe Kantor Gubsu, Sabtu (11/12).
Jumian menegaskan perayaan Natal di tubuh PWI Sumut baru pertama kali dilaksanakan di daerah ini, bahkan secara nasional. Untuk itu, panitia mengharapkan dukungan semua pihak, khususnya Kajatisu dan jajarannya.
“Dalam rangkaian Natal ini, Panitia juga mengadakan kunjungan sosial ke berbagai panti asuhan, baik milik umat Islam maupun Nasrani di daerah ini. Bahkan, akan memberi bingkisan kepada keluarga janda PWI Sumut dan warga kurang mampu melalui sinter class,” ujar Jumian.
Sementara itu Manapar Vritz Tua Manulang menambahkan untuk memeriahkan Natal ini diadakan kegiatan koor, menyerahkan bantuan ke panti asuhan Muslim dan Nasrani. Kegiatan sinter class membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu, khususnya pinggiran Kota Medan.
“PWI juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat. Bahwa insan pers yang selama ini dikenal hanya mampu menulis berita tapi lewat Natal ini mampu menumbuhkembangkan rasa kebersamaan di tengah-tengah pluralisme,” ujar Manapar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar