Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Sabtu, 11 Desember 2010

BERAWAL DARI HOBI

BERAWAL DARI HOBI
 

Hobi tanam-menanam sebenarnya bukanlah hal yang dimiliki semua insan manusia. Tapi bukan berarti menutup kemungkinan seseorang untuk menekuni hobi ini.
Seperti seorang peserta Bazaar Rakyat di Pekan Pasar Tani Sumatera Utara di Carrefour Citra Garden Medan, Ibu Yuli pemilik Sarah Nursery, Sabtu (11/12).
Sejak sepuluh tahun yang lalu ia menekuni budidaya tanaman hias. Tepatnya beralamat di Jl Eka Rasmi Gg Eka Rosa II no 4A Gedung Johor Medan.
"Tidak mudah lho untuk membuka dan memulai sebuah hobi menjadi usaha, terutama mengenai tanaman," katanya. Ia tidak melihat dari musim tanaman hias yang sedang naik di pasaran, lebih mengarah kepada budidaya dan pemeliharaan.
Jenis tanaman hias yang dibudidayakan juga merupakan jenis lokal. Bukan berarti tidak suka dengan tanaman hias inpor. "Produk lokal juga akan bisa tembus pasar ekspor," katanya.
Sambil menata stan pameran tanaman hiasnya, terlihat telaten dalam menata dan menyanyangi tanaman hiasnya. "Sudah sampai ke Batam saya ikut pameran tanaman hias, tapi sayang belum bisa jadi juara," katanya.
Menurutnya, tanaman hias yang dia budidayakan bersama kelompok tani di daerah tinggalnya yaitu Kelompok Tani Serasi tidak tergantung kepada musiman. Lebih mengarah kepada pertanian perkotaan.
Dalam kelompok tani anggota juga dibekali dengan pelatihan dan pendidikan pengembangan kreativitas. Dengan adanya pelatihan yang diberikan di kelompok tani, diharapkan ibu-ibu mampu menambah penghasilan.
Yuli telah mengikuti beberapa kontes tanaman hias di kota Medan. Dan mendapat beberapa penghargaan seperti kontes aglonema, anggrek, dan Suplir antara tahun 2007-2009.
Dalam menjalankan hobi sekaligus pekerjaan rutin sehari-hari nya itu, Yuli tidak pernah merasa mendapat kendala. Justru kegiatan yang dilakoninya itu membuat hidupnya terasa lebih bermakna dan bisa memberi manfaat nyata bagi lingkungan.
Wanita kelahiran Kisaran 26 Juli 1969 ini begitu antusias bahwa usaha yang dilakoninya selama ini akan selalu memberikan kebahagiaan baginya serta kelurganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar