Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Minggu, 27 Maret 2011

BONA PASOGIT, SAI MASIHOL DO AU

Kota Tarutung adalah ibukota Kabupaten Tapanuli Utara di Sumatera Utara. Kota ini cukup sejuk dan merupakan bagian dari sejarah perkembangan bangso batak. Daerah sekitar Tarutung juga dikenal dengan Rura Silundung karena dikelilingi pegunungan yang memperindah alamnya.
Kota Tarutung terdiri dari satu wilayah Kecamatan yang dibelah oleh aliran Sungai Sigeaon.
Di kota ini ditemukan kantor Pusat HKBP lembaga gereja terbesar di Asia Tenggara. Dari lokasi kantor bupati yang berada dilereng bukit, kita dapat memandang kea rah Timur dimana salib kasih bertengger megah diatas bukit Siatas Barita.
Didepan Kantor Bupati kita masid dapat melihat monument makam Raja Sisingamangaraja XII saat pertama sekali dikebumikan. Dari kota ini akhirnya tulang belulang Raja Sisingamangaraja XII dipindahkan ke makam Baru di Soposurung Balige.
Sampai tahun 1999 kota ini kelihatan ramai, namun seiring dengan bergulirnya otonomi daerah, ada peluang untuk pemekaran kabupaten. Kabupaten ini saat ini sudah dimekarkan dengan lahirnya Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan.
Urusan pemerintahan semakin kecil dan berdampak kepada keramaian kota Tarutung.
Di kota ini kita akan menemukan penganan spesifik putu dan kacang garing Sihobuk yang terkenal. Tak kalah juga kue talam yang begitu lezat.
Tak ke Tarutung namnaya jika tidak makan kue talam yang dijual di tengah-tengah onan Tarutung.
Sebelum tiba di Tarutung jika kita dari Medan, singgah lah di Sipoholon. Mandi Air Panas, lepaskan rasa lelah yang merenggut pinggang selama perjalanan.


HORAS!!!! Selamat datang di Kota Kami…………..!

1 komentar: