Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Selasa, 15 Maret 2011

Gepeng di Sumut 16.369 Orang Masuk Askes

MEDAN, ‎​Kepala PT Askes (Persero) Regional I, Ikhsan mengatakan, total gepeng, anak-anak terlantar dan masyarakat miskin tanpa identitas yang masuk dalam kepesertaan Askes kelompok sosial di Sumut saat ini mencapai 16.369 orang. Dan ia menegaskan kelompok masyarakat seperti gelandangan dan pengemis (Gepeng), anak-anak terlantar dan masyarakat miskin tanpa identitas di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), berhak mendapat fasilitas asuransi kesehatan (Askes).

Hal itu dikatakan Ikhsan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi E DPRD Provinsi Sumut, Selasa (15/3), menyebutkan, sejauh ini PT Askes bersedia memprosesnya selagi adarekomendasi resmi dari dinas sosial propinsi dan kabupaten/kota.

"Kami siap memberikan surat keabsahan peserta (SKP) Askes bagi mereka (gelandangan-red) selagisudah terdaftar dan direkomendasikan dinas sosial," ujar Ikhsan pada rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi E, Rahmianna Delima Pulungan bersama anggota Sopar Siburian, T Ferdinan Simangunsong, Megalia Agustina, Siti Aminah, Enda Mora Lubis dan Arlen Manurung.

Dia menyebutkan, dari total gepeng, anak-anak terlantar dan masyarakat miskin tanpa identitas yang masuk dalam kepesertaan Askes kelompok sosial di Sumut saat ini yang mencapai 16.369 orang. Dari jumlah itu, 4.258 orang diantaranya terdaftar di Kantor Cabang (KC) Medan, 2.389 orang di KCPematangsiantar, 609 orang di KC Karo, 8.281 orang di KC Sibolga dan 832 orang di KC Tanjungbalai.

Namun diakuinya, jumlah total kepesertaan tersebut tidaklah mencerminkan jumlah seluruh gepeng, anak-anak terlantar dan masyarakat miskin tanpa identitas di Sumut. "Kalau semakinbanyak yang direkomendasikan dinas sosial, maka semakin banyak juga jumlah kepesertaannya,artinya semuanya tergantung dari dinas tersebut," katanya.

Di bagian lain, jumlah kepsertaan Askes sosial di Sumut mencapai 918.579 orang, yang antara laintersebar di KC Medan 431.269 orang, KC Pematangsiantar 133.476 orang, KC Karo 58.317 orang, KCSibolga 193.787 orang dan KC Tanjungbalai 101.730 orang.

Kepesertaan Askes Jamkesmas (berdasarkan data yang disahkan bupati/walikota) sebanyak4.026.971, yang terdiri dari KC Medan 1.384.442 orang, KC Pematangsiantar 463.443 orang, KC Karo239.977 orang, KC Sibolga 1.401.660 orang dan KC Tanjungbalai 537.449 orang.

Komisi E menyambut baik soal kinerja dan pelayanan, khususnya menyangkut kepesertaan dari PTAskes selama ini. Namun Anggota Komisi E, T Ferdinan Simangunsong menyarankan agar jumlah gepeng, anak terlantar dan masyarakat miskin tanpa identitas bisa bertambah ke depan.

Dia juga mengusulkan agar kelompok masyarakat anak yatim piatu dan penyandang cacat, juga ditampung dalan kepesertaan Askes. "Hemat kami banyak anak yatim maupun penyandang cacat yang belum dicover Askes, apakah mereka juga bisa jadi peserta?," tanya Ferdinan.

Ikhsan mengatakan, pihaknya akan memberi perhatian. Namun menurut pemahamannya, kelompok masyarakat anak yatim dan penyandang cacat biasanya masuk dalam kepesertaan jaminan kesehatan di kabupaten/kota melalui SK bupati/walikota.

Anggota komisi lainnya, Sopar Siburian menyarankan agar PT Askes meningkatkan tangung jawab sosialnya atau corporate social responsibility (CSR). Dalam hal ini, ditawarkan agar diprioritaskan pada bantuan-bantuan beasiswa pendidikan bagi anak dari masyarakat sekitar PT Askes beroperasi.

Menurut Ikhsan, pihaknya akan mengkonsultasikan saran ini kepada direksi.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar