Selamat datang di blog saya

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA............

HORAS !!!

Jumat, 11 Maret 2011

LIRa Sumut Jamin Tidak Minta-minta dan Gertak Pejabat

MEDAN, ‎​Dewan Pimpinan Wilayah Lumbung Informsi Rakyat (DPW LIRa) Sumut sebagai salah satu lembaga independen di Sumatera Utara menjamin tidak akan minta-minta dan menggertak pejabat dalam setiap melaksanakan tugas dan funginya, tapi membangun kekuatan dengan berdiri sendiri melakukan pengawasan terhadap roda pemerintahan di daerah ini.

Demikian dikatakan Gubernur LIRa Sumut Rizaldi Mavi dan Wakil Sekretaris DPW LIRa Sumut Togi Siagian, Asisten II Bidng Kesra LIRa Sumut Setia Pandia, Asisten I Endi Kurniadi, Asisten III Martua Hutagalung, Ketua Brigade Merah Putih Edi Surbakti, Ketua Perempuan LIRa Masdalena Lubis dan pengurus DPW LIRa Sumut periode 2010-2014 lainnya ketika melakukan audiensi ke DPRD Sumut, Kamis (10/3).

Dalam audiensi yang diterima Komisi A DPRD Sumut, Rizaldi Mavi maupun Togi menjelaskan keberadan LIRa yang merupakan gabungan dari kumpulan-kumpulan banyak profesi mencoba melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan di Sumatera Utara.

Dikatakan Rizaldi, setelah muswil (musyawarah wilayan) LIRa Sumut 25 Nopember 2010, telah terpilih kepengurusan DPW yang baru periode 2010-2014 berupaya lebih mensinergikan hubungan antara LIRa dan DPRD Sumut maupun di kabupaten/kota di Sumut, sehingga kehadiran LIRa di tengah-tengah masyarakat benar-benar bermanfaat membangun daerah ini.

"LIRa sebagai lembaga independent mencoba mengawasi jalannya pemerintahan di Sumut, baik di tingkat propinsi maupun kabupaten/kota," ujar Rizaldi dan Togi seraya berharap perlu adanya suatu MoU (Memorandum of Uderstanding) antara LIRa dan DPRD.

Togi mejelaskan, kehadiran LIRa di tengah-tengah masyarakat awalnya memfokuskan masalah korupsi yang terjadi di pemerintahan daerah, tapi dengan perkembangan pembangunan, banyak hal yang terlihat belum tersentuh memerlukan pengawasan.

"Dalam pengawasan ini, dijamin LIRa tidak minta-minta dan menggertak pejabat. Untuk itu, LIRa mendirikan koperasi dengan kekuatan berdiri sendiri," kata Togi.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi A DPRD Sumut Hasbullah Hadi didampingi anggota komisi antara lain Hardi Mulyono, H Syamsul Hilal, Amarullah Nasution menyambut positip upaya kerjasama LIRa dalam bentuk MoU dengan DPRD Sumut.

Karena, katanya, kehadiran LIRa menambah 'darah' segar bagi DPRD Sumut. "Kalau sifatnya kerjasama pengawasan politis terhadap Pempropsu, DPRD Sumut merasa terbantu terutama informasi-informasi dan masukan-masukan dari berbagai lembaga masyarakat termasuk LIRa," ujarnya.

Demikian halnya Hardi Mulyono dan Syamsul Hilal menanggapi positip terhadap kehadiran LIRa di tengah masyarakat, karena banyak LSM di Sumut 'menakut-nakuti' pejabat yng ujung-ujungnya sesuatu yang dituju.(*)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar